gusmang94.blogspot.co.id

SEBUAH BLOG TENTANG BALI, TIPS-TIPS RINGAN, DUNIA MAYA
Bali

PRESTASI BALI YANG PERLU ANDA KETAHUI

Bali adalah magnet bagi siapa saja yang suka berpelesir baik orang kebanyakan, pejabat, tokoh politik, pengusaha bahkan sampai kepada artis terkenal dunia. Kepopuleran Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia dimulai sejak jaman penjajahan Belanda. Dari cuma puluhan pengunjung waktu itu kemudian terus meningkat seiring berjalannya waktu hingga kini jutaan wisatawan per tahunnya mengunjungi pulau yang sering disebut pulau seribu pura ini. Tidak diragukan lagi Bali adalah destinasi wisata dunia yang begitu memikat yang mampu menghipnotis orang untuk datang dan datang lagi mengeksplorasi pulau yang berada di antara pulau Jawa dan pulau Lombok ini.

HALO BRO DAN SIS, Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat sehingga anda terus bisa beraktivitas dan berkarya. Pada kesempatan ini saya terusik untuk menulis artikel ini karena saya yakin banyak orang yang tidak tahu tentang pencapaian Bali di dunia pariwisata. Bali yang begitu terkenal ke mancanegara ternyata telah mendapatkan banyak apresiasi di bidang pariwisata oleh orang atau badan yang mempunyai kompetensi di bidangnya dan telah diakui dunia seperti majalah Time, majalah Conde Nast Traveller, London, majalah Travel + Leisure, New York, majalah Asia Spa, Hongkong, majalah DestinAsian dan lain-lain.

Di dunia ini begitu banyak tempat-tempat yang indah dan menarik. Bagi para traveller berpengalaman dan telah melanglang buana tentu bisa merasakan kekurangan dan kelebihan tempat-tempat menarik tersebut. Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, entah kenapa Bali masih menjadi tujuan wisata favorit dunia. Ada beberapa faktor alasan yang mungkin tidak dimiliki destinasi dunia lainnya. Sudah saya ulas pada artikel sebelumnya.

BACA : 11 ALASAN MENGAPA ANDA PERLU MENGUNJUNGI BALI

Terkait dengan 11 alasan tersebut di atas, mungkin itulah beberapa faktor mengapa Bali terpilih sebagai tempat tujuan berlibur atau sebagai tempat penyelenggaraan event bertaraf internasional. Mau tahu apa saja prestasi yang telah dicapai pulau Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia?
Bali telah  banyak mendapatkan gelar dan penghargaan di bidang pariwisata diantaranya :

  1. Bali terpilih sebagai Favorite Holiday Destination tahun 2001 menurut majalah Time
  2. Bali terpilih sebagai Runner Favorite Island tahun 2002 menurut majalah Conde Nast Traveller, London.
  3. Bali terpilih sebagai Runner Favorite Island tahun 2003 menurut majalah Conde Nast Traveller, London.
  4. Bali terpilih sebagai Favorite Holiday Destination tahun 2003 menurut majalah Time.
  5. Bali terpilih sebagai Winner Favorite Island tahun 2004 menurut majalah Conde Nast Traveller, London.
  6. Bali terpilih sebagai World's Best Island in Asia tahun 2004 menurut majalah Travel + Leisure, New York.
  7. Bali terpilih sebagai Favorite Holiday Destination tahun 2004 menurut majalah Time.
  8. Bali terpilih sebagai World's Best Island Over All tahun 2004 menurut majalah Travel + Leisure, New York.
  9. Bali terpilih sebagai Winner Favorite Island tahun 2005 menurut Conde Nast Traveller, London.
  10. Bali terpilih sebagai World's Best Island tahun 2005 menurut majalah Travel + Leisure, New York.
  11. Bali terpilih sebagai Asian Spa Capital of The Year tahun 2005 menurut majalah Asia Spa, Hongkong.
  12. Bali terpilih sebagai Asia Best Holiday Destination tahun 2006 menurut Smart Travel Asia Comreader's.
  13. Bali terpilih sebagai World Island Destination tahun 2006 menurut majalah Time.
  14. Bali terpilih sebagai World Best Island tahun 2007 menurut majalah Travel + Leisure, New York.
  15. Bali terpilih sebagai Asia's Best Holiday Destination tahun 2007 menurut Smart Asia Travel Magazine.
  16. Bali terpilih sebagai Asian Spa Capital of the Year and Asia Spa Award 2007 tahun 2007 menurut Asia Spa Magazine, Hongkong.
  17. Bali terpilih sebagai Best Exotic Destination Luxury Reader's Award 2008 tahun 2008 menurut Luxury Travel Magazine, London.
  18. Bali terpilih sebagai The Best Spa Destination of The World tahun 2009 menurut majalah Sense, Jerman.
  19. Bali terpilih sebagai Pulau Tujuan Wisata Terbaik di Asia Pasifik (Best Island Destination Asia-Pasific in Asia Pasific) tahun 2007 menurut majalah DestinAsian
  20. Bali terpilih sebagai Pulau Tujuan Wisata Terbaik di Asia Pasifik (Best Island Destinasian Asia-Pasific in Asia Pasific) tahun 2009 menurut majalah DestinAsian.
  21. Bali terpilih sebagai Pulau Tujuan Wisata Terbaik di Asia Pasific (Best Island Destination Asia-Pasific in Asia Pasific) tahun 2010 menurut majalah DestinAsian pada The Fifth Annual DestinAsian Reader's Choice Awards. 
  22. Bali terpilih sebagai Best Leisure DestinAsian tahun 2006 menurut majalah DestinAsian.
  23. Bali terpilih sebagai Best Leisure DestinAsian tahun 2008 menurut majalah DestinAsian.
  24. Bali terpilih sebagai Destinasi Terfavorit pada ajang Pariwisata Indonesia Award tahun 2010 menurut Departemen Pariwisata Republik Indonesia dan majalah SWA
Di samping itu Bali terpilih beberapa kali menjadi tuan rumah kegiatan nasional dan internasional seperti :
  1. Bali terpilih sebagai tempat kongres partai-partai besar di Indonesia.
  2. Bali sebagai tuan rumah APEC tahun 2013.
  3. Bali sebagai tuan rumah Miss World tahun 2014.
  4. Bali sebagai tuan rumah Bali International Choir Festival tahun 2016.
  5. Bali sebagai tuan rumah Bali International Triathlon tahun 2016.
  6. Bali sebagai tuan rumah Bali International Film Festival tahun 2016.


Prestasi Bali yang telah diraih di dunia pariwisata di atas tidak komplit karena masih banyak yang belum saya tulis misalnya Bali terpilih sebagai Favorite Island tahun 1998, 1999 dan tahun 2000 menurut majalah Conde Nast Traveller, London, danau Beratan terpilih sebagai 20 danau terindah di dunia menurut Huffington Post. Four Seasons Resort, Sayan, Ubud sebagai resort terbaik di Bali menurut majalah DestinAsian dan sebagainya. Artinya apa? Pulau Bali sebagai destinasi dunia masih banyak mempunyai obyek-obyek wisata dan sarana pendukungnya yang dapat menambah daftar panjang prestasi yang akan diraih. Sekarang bergantung kepada pemerintah dalam hal ini dinas Pariwisata beserta jajarannya, pelaku pariwisata, pengusaha dan yang instansi terkait serta masyarakat Bali sendiri tentunya dengan melibatkan sekehe teruna dan desa adat untuk mejaga dan mempertahankan yang telah diraih.

WELL ... BRO DAN SIS, cukup sekian dulu artikel singkat tentang prestasi Bali di dunia pariwisata ini. Silahkan anda berkomentar atau mungkin ada yang mau menambahkan, silahkan! Sampai bertemu pada artikel selanjutnya.


Salam

About Unknown

0 komentar:

Powered by Blogger.