gusmang94.blogspot.co.id

SEBUAH BLOG TENTANG BALI, TIPS-TIPS RINGAN, DUNIA MAYA
Tips Ringan

CARA MEMBUAT LAPORAN KARYA ILMIAH ATAU KARYA WISATA

Selamat siang Bro dan Sis.....






Apa kabar semuanya? Kali ini saya mencoba membuat artikel tentang cara membuat laporan karya ilmiah atau lebih mengkhusus lagi laporan karya wisata. Sebelum mulai menulis atau mengetik di komputer ada baiknya dibuat dulu poin-poin atau corat-coret dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah di kertas atau buku tulis. 
Ada lima bab dan empat hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah laporan ilmiah atau laporan karya wisata yaitu :

BAB I PENDAHULUAN
Di dalam Bab Pendahuluan mencakup:
  1. Latar Belakang : apa latar belakang penulisan laporan karya wisata yang akan anda buat?
  2. Rumusan Masalah : dari latar belakang akan timbul perumusan masalah.
  3. Tujuan : apa maksud dan tujuan penulisan laporan karya wisata anda?
  4. Manfaat : apa manfaat yang bisa didapat dari penulisan laporan karya wisata anda?

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan judul penelitian atau hal-hal yang berkaitan dengan karya wisata yang telah anda lakukan. Kalimat atau paragrafnya bisa dibuat sendiri atau berdasarkan daftar kepustakaan yaitu sumber dari buku-buku, jurnal atau literatur lainnya. 

BAB III METODE PENULISAN
  1. Metode Observasi : teknik pengumpulan data dengan pengamatan secara langsung pada objek yang diteliti.
  2. Metode Interview : pengumpulan data dengan jalan wawancara langsung kepada nara sumber.
  3. Metode Kepustakaan : pengumpulan data dengan jalan membaca buku dari berbagai sumber yang ada kaitannya dengan penyusunan laporan karya tulis itu sendiri.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Berisi hasil dari ke tiga bab sebelumnya (hasil penelitian) disertai dengan pembahasannya berdasarkan sumber pustaka.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
  1. Kesimpulan : dibuat dari hasil atau jawaban dari perumusan masalah dan dikaitkan dengan judul penelitian atau kegiatan karya wisata yang telah dilakukan.
  2. Saran : memberikan saran-saran berkaitan dengan judul penulisan.


DAFTAR PUSTAKA
Dibuat setelah bab v, ditulis judul buku atau literatur, nama pengarang lengkap dengan gelarnya dan tahun diterbitkannya buku, menggunakan spasi single.

Dari pendahuluan sampai kesimpulan atau lampiran diisi nomor halaman biasanya di pojok kanan, dimulai dari angka 1, 2, 3  dst.

Nah, Bro dan Sis kalau sudah selesai mengerjakan ke lima bab tadi dilanjutkan dengan membuat :

KATA PENGANTAR
Berisi rasa syukur kepada Tuhan bahwa penulisan laporan karya wisata anda sudah selesai dan juga berisi ungkapan rasa terima kasih kepada orang-orang yang membantu anda.

LAMPIRAN
Berisi gambar-gambar, diagram atau tabel beserta penjelasannya yang ada kaitannya dengan hasil penelitian atau karya wisata yang sudah anda lakukan.

DAFTAR ISI
Berisi judul, sub judul dan halaman. Sebaiknya daftar isi dibuat setelah selesai tahap editing.



JUDUL ATAU COVER DEPAN
Biasanya berisi  judul laporan atau penelitian, logo sekolah atau instansi, nama pembuat laporan karya wisata dan nama sekolah atau instansi dan terakhir tahun pembuatannya. Penulisan cover depan semuanya ditulis dengan huruf kapital dengan center alignment.

Dari Kata Pengantar dan Daftar Isi diisi nomor halaman biasanya ditulis di bawah tengah dengan huruf romawi kecil mulai dari i, ii, iii dst

Bro dan Sis, cukup di sini dulu artikel tentang cara membuat laporan karya wisata. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Oh ya, sebagai contoh penulisan laporan karya wisata, klik aja di sini

Salam



About Unknown

1 komentar:

Unknown said...

TIPS INI SAYA PERSEMBAHKAN BUAT ANDA YANG BINGUNG CARA MEMBUAT LAPORAN KARYA TULIS ILMIAH DALAM HAL INI LAPORAN KARYA WISATA

Powered by Blogger.